SELL | BUY | RENT | INVESTMENT | PROJECT MARKETING

Search
Search:
Others
Information
News
1 September 2016
Begini Cara Mengusir Energi Negatif di Rumah!
RumahCom – Tanpa Anda sadari energi negatif di dalam rumah—yang biasanya berasal dari ruangan yang kelam atau kurang bersih—memberikan efek yang negatif juga bagi Anda. Anda akan merasa tak nyaman, kurang bersemangat, dan seakan kondisi rumah sangat gloomy. detail

21 September 2015
7 RAHASIA AGAR RUMAH ANDA CEPAT TERJUAL
Mari kita uraikan sebuah cara terbaik menjual rumah agar cepat laku, selalu ada cara selama kita masih mau berkreasi dan mencoba-coba sehingga menemukan langkah terbaik, begitu juga dalam bidang jual beli rumah entah itu menjual aset pribadi maupun yang fokus menjadi agen broker dibidang properti. detail

27 Agustus 2015
Risma Bocorkan Strategi Ubah Citra Surabaya ke Ribuan Mahasiswa
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan kuliah perdana bagi mahasiswa baru program pascasarjana Universitas Gadjah Mada. detail

24 Agustus 2015
BI: Harga Rumah Kecil Naik Lebih Tinggi Dibandingkan Rumah Besar
JAKARTA, jktproperty.com – Kenaikan harga rumah tipe kecil lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga rumah tipe menengah dan tipe besar, demikian hasil survei yang dilakukan Bank Indonesia yang dilansir pekan ini. detail

18 Agustus 2015
Lokasi Disetujui, Pemkot Surabaya Kebut Proyek Jalan Lingkar Luar
Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan segera menggarap proyek pembangunan jalan lingkar luar timur (JLLT) dan jalan lingkar luar barat (JLLB) menyusul disepakatinya penetapan lokasi (penlok) pembebasan lahan oleh Pemprov Jawa Timur. detail

18 Agustus 2015
Pengembang Surabaya Siap Ikut Bangun Jalan Lingkar
Bisnis.com, SURABAYA - Rencana Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) telah direspon oleh sejumlah pengembang di Surabaya. detail

» index berita

Beli Rumah Over Kredit? Pahami dulu ini.


18 Agustus 2015

Membeli rumah dari pemilik sebelumnya dengan cara meneruskan pembayaran secara kredit ke bank dikenal dengan nama sistem over kredit. Pembelian dengan cara over kredit masih banyak dilakukan walau memang caranya yang sedikit rumit. Jika suatu hari anda membeli rumah over kredit, perlu diingat agar tidak hanya melalui bukti kuitansi saja karena akan menyulitkan dalam pengambilan sertifikat tanah dan rumah kelak.

Untuk melakukan pembelian rumah over kredit lewat bank pengucuran dana kredit, cara-cara yang dapat ditempuh seperti ini :

  • Kedua belah pihak dapat menghadap langsung ke bagian kredit administrasi bank tersebut untuk mengajukan peralihan hak tanah dan rumah.
  • Kedua belah pihak mengajukan permohonan ambil kredit untuk kemudian nantinya akan bertindak sebagai pembayar kredit baru menggantikan posisi penjual sebagai pembayar kredit lama.
  • Jika disetujui maka kedua belah pihak selanjutnya akan menandatangani perjanjian kredit baru atas nama pembeli rumah over kredit juga akta jual beli dan pengikatan jaminan.

Selain dengan cari pengalihan pembayar kredit, cara kedua yang dapat ditempuh adalah dengan bantuan notaris. Cara ini dinilai lebih cepat dan murah walau kurang sempurna karena pengoperan hak atas tanah dan bangunan dengan menggunakan akta notaris. Berikut caranya :

Buat Akta Pengikat Jual Beli (APJB)

Dengan dibuatnya APJB, pembeli dapat mendapatkan keamanan di mana sang penjual rumah mengakui pengalihan hak tanah dan rumah tersebut kepada pembeli. Pihak penjual pun membuat surat kuasa yang menjelaskan bahwa sang pembeli rumah akan meneruskan pembayaran kredit dan memiliki kuasa untuk mengambil sertifikat rumah tersebut yang ditahan oleh bank tempat kredit dikucurkan.

Mengurus pengalihan pembayar kredit ke bank

Pembeli dan penjual rumah over kredit bisa datang ke bank tempat kredit dikucurkan dan melaporkan bahwa akan terjadi perilahan pembayar kredit.

Apa syarat pembelian rumah over kredit? (tambahan optional)

Data Yang diperlukan Untuk Membuat akta pengoperan Hak atas Rumah yang masih dalam proses kredit di bank adalah:

  1. Data Objek jual beli (tanah/bangunan)
    1. Foto copy Perjanjian Kredit dan surat penegasan perolehan kredit
    2. Foto copy sertifikat (yang berisi keterangan /stempel pihak bank bahwa tanah     dan bangunan tersebut sedang dijaminkan pada bank berkenaan)
    3. Foto Copy IMB
    4. Foto copy SPPT PBB 5TH terakhir yang sudah dilengkapi dengan bukti     lunasnya (STTS)
    5. Print out bukti pembayaran angsuran yang terakhir sebelum dilaksanakan     oper kredit
    6. Asli buku tabungan yang digunakan untuk pembayaran angsuran
  2. Data Penjual & Pembeli:
    a.1. Copy KTP suami isteri
    a.2. Copy Kartu keluarga
    a.3. Copy Akta Nikah
    a.4. Copy Keterangan WNI atau ganti nama (bila ada, untuk WNI keturunan)



Baca juga
  » 1 September 2016
Begini Cara Mengusir Energi Negatif di Rumah!
RumahCom – Tanpa Anda sadari energi negatif di dalam rumah—yang biasanya berasal dari ruangan yang kelam atau kurang bersih—memberikan efek yang negatif juga bagi Anda. Anda akan merasa tak nyaman, kurang bersemangat, dan seakan kondisi rumah sangat gloomy.

  » 21 September 2015
7 RAHASIA AGAR RUMAH ANDA CEPAT TERJUAL
Mari kita uraikan sebuah cara terbaik menjual rumah agar cepat laku, selalu ada cara selama kita masih mau berkreasi dan mencoba-coba sehingga menemukan langkah terbaik, begitu juga dalam bidang jual beli rumah entah itu menjual aset pribadi maupun yang fokus menjadi agen broker dibidang properti.

  » 27 Agustus 2015
Risma Bocorkan Strategi Ubah Citra Surabaya ke Ribuan Mahasiswa
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan kuliah perdana bagi mahasiswa baru program pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

  » 24 Agustus 2015
BI: Harga Rumah Kecil Naik Lebih Tinggi Dibandingkan Rumah Besar
JAKARTA, jktproperty.com – Kenaikan harga rumah tipe kecil lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga rumah tipe menengah dan tipe besar, demikian hasil survei yang dilakukan Bank Indonesia yang dilansir pekan ini.

  » 18 Agustus 2015
Lokasi Disetujui, Pemkot Surabaya Kebut Proyek Jalan Lingkar Luar
Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan segera menggarap proyek pembangunan jalan lingkar luar timur (JLLT) dan jalan lingkar luar barat (JLLB) menyusul disepakatinya penetapan lokasi (penlok) pembebasan lahan oleh Pemprov Jawa Timur.

  » 18 Agustus 2015
Pengembang Surabaya Siap Ikut Bangun Jalan Lingkar
Bisnis.com, SURABAYA - Rencana Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) telah direspon oleh sejumlah pengembang di Surabaya.